Ketenangan dalam Mempelajari Ilmu

Sedikit catatan yang sangat membekas di hati dari tausyiah Ustadzah Halimah Alaydrus pada taklim hari Minggu silam. Kata Nabi Muhammad SAW...

Ta'allamul ilma wa ta'allamulil ilmi assakinah wal waqor. 
Artinya: Pelajarilah ilmu dan pelajarilah untuk mempelajari ilmu, sakinah (ketenangan hati) dan waqor (ketenangan badan).


Note: Maaf, saya gak bisa bahasa Arab, kalau salah, harap maklum. Saya hanya catat sebisanya dan hanya sempat konfirmasi singkat ke adik bungsu saya yg bisa bahasa Arab.

Kalau sependek pemahaman saya, untuk saya amalkan saat belajar nanti, saya harus menjaga pikiran saya supaya gak ke mana-nama (ketenangan hati) dan jangan kebanyakan gerak, fokus, juga jangan ngobrol saat taklim (ketenangan badan).

Alhamdulillah gak pernah sih ngobrol. Rugi aja gitu ketinggalan penjelasan Ustadzah gara-gara ngobrol. Hanya dulu kalo taklim bareng Hana Haddad, saya suka nanya-nanya ke dia, seperti misalnya dia sudah belajar ini atau belum di bimbel agamanya. Hihi. Maaf ya, Na.

Eh iyaaa satu lagi, jangan rempong selfie. Duh dulu masih sering, kalo bareng Hana, buat kenangan aja. Tapi ke depannya dikurangin deh.

Comments

Popular Posts