Less is Better

Decluttering ala-ala saya sudah berjalan beberapa hari ini. Di antara kejar-kejaran deadline, serta saya dan si Bungsu yang sakit bergantian. Apalagi saya yang seakan sudah sembuh tapi tiba-tiba demam lumayan tinggi.

Seru lah, pokoknya. Tapi yang penting, 30% area rumah kontrakan sempit saya sudah terjamah.

Hasilnya? Ternyata, setelah melepas beberapa barang yang saya simpan karena saya pikir akan saya perlukan dan ternyata tidak sehingga barang itu hanya 'ngejogrok' dengan gak sopannya selama bertahun-tahun, hati saya lebih bahagia. Kenapa? Karena jadi agak ada sedikit space di rumah ini. Baru sedikit banget padahal, tapi saya sudah sesenang itu.

Saya belum benar2 nge-Marie Kondo karena belum baca bukunya. Tapi sedikit-sedikit saya coba tipsnya. Kalo gak bikin bahagia, barang tersebut boleh dilepas. Saya lakukan.

Tapi tau gak? Setelah ngelepas, dan jika barang itu ternyata buat saya gak guna dan gak bikin bahagia, tapi ternyata buat yang bantu-bantu di rumah berguna dan dia bawa pulang, ujung-ujungnya saya tetap bahagia juga.

Jadi, kalo ala-ala seorang Nadiah Alwi (wkwkkw), decluttering itu, nyimpen dan ngelepas kudu ada rasa bahagia.

Wkwkwk gaya n sotoy banget yak, baru decluttering 30% dari isi rumah doang, pake bikin teori ala2 segala. Pake kata "kudu" segala pulak.

Nah, ada satu lagi sih yang bikin bahagia dan ini yang paling penting. Dengan terlepasnya barang itu dari kepemilikan saya, saya berharap akan mengurangi hisab saya nanti di akhirat. Gak tau persisnya gimana, tapi kalo yang saya dengar dari berbagai tausyiah, kalo barang milik kita banyak, dihisabnya lama. Deg-degan masuk surga apa gaknya juga jd makin lama. Ngapain juga nyiksa diri di akhirat nanti yekan?

Jadi, mari kita galakkan decluttering. Gak cuma buat kebahagiaan di dunia, insya Allah buat kebahagiaan di akhirat kelak. Aamin YRA.

So, yeah, less is better!

Comments

Popular Posts